5 Langkah Perawatan Baju Batik agar Awet Seperti Baru

  • Whatsapp
5-Langkah-Perawatan-Baju-Batik-agar-Awet-Seperti-Baru
Foto dari blibli

Batik merupakan salah satu jenis motif baju yang banyak dipakai masyarakat Indonesia. Tak hanya digunakan pada acara-acara formal, batik juga sekarang kerap dipakai untuk acara santai. Salah satu produk batik berkualitas yang bisa Anda temukan saat ini adalah Batik Keris. Tersedia beragam jenis motif yang menarik dan tentunya berkelas.

Perawatan Batik

Kain batik memiliki karakter yang memang berbeda dengan jenis kain lainnya. Perawatan kain batik pun harus dilakukan dengan cara yang tepat agar warnanya tidak mudah pudar atau luntur. Berikut ini adalah 5 langkah perawatan baju batik agar selalu awet seperti baru:

1. Cucilah secara Manual

Sangat disarankan untuk mencuci baju batik secara manual, tidak menggunakan mesin cuci. Pencucian secara manual bisa membantu menjaga ketahanan warna baju batik karena prosesnya tidak terlalu keras seperti pencucian mesin. Pencucian manual dengan tangan juga akan membantu menjaga serat kain batik tetap bagus dan kuat.

Namun, bagaimana jika kondisi mengharuskan pencucian memakai mesin? Tak masalah, pencucian batik masih bisa dilakukan dengan menggunakan mesin. Anda disarankan untuk menggunakan siklus putaran yang normal. Selain itu, jangan campurkan batik dengan baju lain karena bisa berpotensi luntur.

2. Hindari Pemakaian Pewangi

Penggunaan pewangi memang akan membuat baju semakin harum setelah dicuci. Namun untuk jenis kain batik ini Anda tidak disarankan untuk memakai pewangi. Penggunaan pewangi akan membuat warna batik jadi lebih mudah pudar. Hal ini disebabkan pewangi mengandung zat kimia yang mungkin akan berpengaruh pada konsistensi warna batik.

Jika memang ingin menggunakan pewangi, maka pilihlah produk pewangi yang lembut dan natural. Sekarang sudah ada banyak pilihan produk pewangi yang berbahan natural sehingga tidak mudah merusak warna kain. Apalagi jika Anda membeli Batik Keris yang konsistensi warnanya sangat bagus, jangan sampai rusak hanya karena pemakaian pewangi.

3. Jangan Diperas Terlalu Kencang

Ketika mencuci batik, jangan mencoba memerasnya terlalu kencang. Proses pemerasan yang terlalu kuat bisa menyebabkan baju batik jadi rusak. Hal ini disebabkan oleh proses pemerasan akan membuat warna batik luntur. Jika sudah luntur maka tampilan batik akan jadi lebih pudar dan tidak menarik lagi. Lebih baik kibaskan saja perlahan untuk menurunkan sisa bulir air pada baju.

4. Hindarkan dari Paparan Matahari Langsung

Jika proses pencucian sudah selesai, maka segera jemur baju batik Anda. Sangat disarankan untuk tidak menjemur baju batik secara langsung. Paparan sinar matahari yang datang langsung bisa menyebabkan warna batik jadi pudar. Selain itu tekstur kain juga bisa rusak karena menerima panas yang terlalu tinggi.

Tak hanya itu, Anda juga disarankan untuk menyetrika baju batik dengan suhu yang tidak begitu tinggi. Jika suhunya terlalu tinggi maka efek yang didapatkan bisa sama dengan paparan sinar matahari tadi.

5. Simpan dengan Cara Digantung

Selanjutnya simpanlah baju batik Anda dengan metode gantung. Anda tidak disarankan untuk menyimpan baju batik dalam posisi dilipat. Lipatan ini justru akan merusak tampilan baju batik Anda. Bekas lipatan bisa saja tidak hilang saat baju dipakai. Selain itu, baju batik yang dilipat juga rentan kusut dan sulit untuk dikembalikan halus lagi.

Itulah tadi 5 tips perawatan baju batik yang disarankan agar batik selalu terlihat baru. Jika Anda adalah pecinta batik, maka belilah produk batik berkualitas agar tampilannya selalu awet dan memikat. Seperti produk Batik Keris yang menyediakan beragam motif dengan kualitas terbaik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *