5 Pertimbangan Saat Hendak Beli Mobil Bekas Plat Luar Kota

  • Whatsapp
5-Pertimbangan-Saat-Hendak-Beli-Mobil-Bekas-Plat-Luar-Kota
Foto dari Canva Pro

Jual beli mobil secara online saat ini semakin banyak dilakukan dibandingkan transaksi offline. Sehingga mobil bekas Pekanbaru bisa saja dibeli di kota tetangga, bahkan oleh orang yang berasal dari luar pulau.

Kebanyakan alasan orang membeli mobil dari luar kota karena harga lebih murah dan kondisinya lebih bagus. Namun, beli mobil bekas tidak bisa sembarangan apalagi jika menggunakan plat luar kota, karena ada surat-surat keterangan mengenai mobil yang harus diurus.

Pertimbangan Beli Mobil Bekas Luar Kota

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mobil bekas luar kota ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan agar tidak mendatangkan masalah di kemudian hari. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:

1. Mobil Tidak dalam Kondisi Baru

Sudah jelas jika mobil bekas bukanlah mobil dengan kondisi baru, artinya kondisinya tidak sempurna. Ada beberapa bagian yang mengalami penurunan performa atau telah diganti karena mengalami kerusakan.

Oleh sebab itu, harus melakukan pemeriksaan detail terhadap kondisi mobil sebelum membeli. Terutama karena mobil tersebut berada di luar kota akan sulit untuk mengajukan komplain kepada penjual apabila terjadi masalah atas mobil yang dibeli.

2. Tentukan Ingin Membeli Cash atau Kredit

Membeli mobil bekas Pekanbaru pembayarannya bisa dilakukan dengan cara tunai maupun kredit. Anda harus memilih sistem pembayaran yang diambil. Jika memiliki cukup uang bisa langsung membayar tunai, apabila kemampuan keuangan kurang memadai bisa mengambil cara kredit.

3. Pertimbangkan Tipe, Brand, dan Fitur Mobil

Ketika akan membeli Anda perlu mempertimbangkan tipe mobil yang diinginkan dan tersedia. Kemudian apa mereknya dan bagaimana review mengenai brand dan tipe mobil tersebut. Berikutnya, pertimbangkan fitur mobil.

Lakukan perbandingan dengan beberapa tipe yang sama dari beberapa brand agar bisa mendapatkan yang terbaik. Meskipun membeli mobil bekas, Anda juga tetap harus selektif dalam memilih.

4. Pertimbangkan Mengenai Biaya Balik Nama dan Mutasi

Membeli mobil bekas luar kota harus mengeluarkan berbagai biaya tambahan, seperti biaya balik nama dan mutasi. Patut Anda ketahui bahwa setiap daerah memiliki peraturan masing-masing mengenai mutasi dan balik nama ini. Jadi, harus cari tahu dahulu mengenai biaya dan prosedurnya.

Selain biaya balik nama dan mutasi, Anda juga harus memperhatikan bahwa ada biaya pajak yang harus dibayar. Pajak yang harus Anda bayarkan akan disesuaikan dengan peraturan pemerintah dan daerah.

5. Biaya di Luar Pajak

Selain biaya pajak sesuai yang tertera di STNK ada pula biaya luar pajak yang harus dibayarkan oleh pembeli. Biaya ini harus dibayarkan saat melakukan mutasi dan balik nama pemilik kendaraan. Biaya yang harus dibayarkan meliputi:

  • Biaya pengesahan cek fisik kendaraan yakni sebesar Rp30.000,-.
  • Biaya daftar untuk memasukkan berkas pendaftaran BPKB yakni sebesar Rp80.000,-.
  • Biaya pendaftaran untuk balik nama STNK sebesar Rp30.000,-.
  • Tips yang diberikan untuk melakukan cek fisik, sifatnya sukarela, Anda bisa memberi sebesar Rp20.000,-.

Total biaya yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp160.000,- kemudian Anda sudah bisa mendapatkan surat kendaraan atas nama sendiri dari mobil bekas yang dibeli. Biaya ini yang dikeluarkan apabila Anda mengurusnya sendiri, bukan menggunakan calo.

Membeli mobil bekas Pekanbaru juga tidak bisa asal beli, tapi harus mempertimbangkan banyak hal. Mulai dari kondisi mobil hingga surat kendaraan, juga bagaimana mengurus mutasi dan prosedur balik nama. Proses hukum mutasi dan balik nama harus dilakukan jika beli mobil dari luar kota, seperti mobil bekas Bandung atau kota lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *