5 Tips Jitu Anti Kalap Saat Promo Belanja Online di Bulan Ramadan

  • Whatsapp
5-Tips-Jitu-Anti-Kalap-Saat-Promo-Belanja-Online-di-Bulan-Ramadan
Foto dari Canva Pro

Tak hanya berlimpah berkah, bulan Ramadan juga merupakan bulan yang berlimpah promo. Banyak toko online yang menawarkan promo menarik, seperti promo ngabuburit, promo khusus yang diberikan untuk pembelian jelang berbuka puasa. Hal ini tentu membuat banyak orang tergiur untuk belanja. Agar nanti Anda gak kalap saat berburu promo, pastikan untuk mengikuti 5 tips jitu ini.

1. Buat Daftar Barang yang Akan Dibeli Online

Daftar barang kebutuhan yang akan dibeli, akan sangat membantu Anda terhindar dari kekalapan saat belanja online, khususnya saat ada promo. Rincikan apa saja barang yang memang wajib untuk dibeli. Dengan begini, jika barang yang ingin Anda beli tak termasuk dalam daftar, Anda otomatis harus menahan diri untuk membelinya. Jangan sampai sudah membuat daftar, tapi tetap dilanggar.

2. Letakkan Kebutuhan Harian di Prioritas Puncak

Dalam membuat skala prioritas, pastikan untuk menempatkan kebutuhan sehari-hari di deretan puncak. Misalnya, jika Anda punya bayi, maka belilah kebutuhan bayi seperti susu, popok, atau makanan bayi. Jangan malah memborong banyak baju lebaran untuk bayi, yang bahkan mungkin tak terpakai semuanya di hari raya nanti. Banyak loh yang menyesal beli barang karena tak begitu terpakai.

3. Sediakan Anggaran Khusus untuk Belanja Online

Biasakan untuk menyediakan anggaran khusus untuk belanja online. Takutnya nanti bila tak ada pemisahan anggaran, Anda tak bisa mencukupi kebutuhan lain yang tak kalah penting. Saat Ramadan ini, alokasikan dana khusus untuk belanja kebutuhan baik langsung maupun online. Jika sekiranya dana berlebih, baru bisa Anda pakai untuk hal lain seperti infak atau belanja barang lainnya.

4. Masukkan Barang ke Menu Wishlist

Banyaknya promo yang hadir di bulan Ramadan, misalnya seperti promo ngabuburit, memang membuat banyak pembeli kalap. Agar terhindar dari kekalapan ini, manfaatkan fitur Wishlist untuk menampung barang lain yang tak termasuk dalam daftar belanjaan. Biarkan barang beberapa hari di menu Wishlist sambil mempertimbangkan, apakah barang itu memang dibutuhkan atau tidak.

5. Belanja Bareng dengan Teman atau Keluarga

Bagi Anda yang suka kalap saat belanja online, tak ada salahnya mengajak keluarga atau teman untuk belanja bersama. Setidaknya, untuk mendampingi Anda saat tengah mencari barang kebutuhan di toko online. Teman bisa mengingatkan Anda untuk tak membeli barang yang sekiranya sudah Anda punya. Dengan begini, aktivitas belanja online Anda pun jadi lebih terkontrol.

Saat banyaknya promo menarik, misalnya seperti promo ngabuburit, tersedia di bulan Ramadan, keinginan belanja pasti begitu meronta. Tak ada larangan Anda untuk berburu promo, namun jangan sampai melebihi anggaran belanja online yang sudah disediakan. Agar keinginan belanja online tetap terkendali di bulan Ramadan, 5 tips di atas bisa Anda jalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *