5 Tips Merawat Motor Harley Davidson dengan Benar

  • Whatsapp
5-Tips-Merawat-Motor-Harley-Davidson-dengan-Benar
Foto dari Canva Pro

Para lelaki pasti mendambakan punya moge yang bisa meningkatkan kegantengan 100 persen. Moge yang menjadi incaran para pecinta kendaraan besar ini adalah Harley Davidson. Hal ini dikarenakan motor Harley Davidson memiliki desain klasik dengan harga purna jual yang cukup tinggi. Jika Anda berencana mendapatkan motor gede bekas saja, maka perlu mengeluarkan dana hingga ratusan juta rupiah, lho!

Merawat motor Harley Davidson

Membeli motor gede Harley Davidson baru atau bekas tetap harus melakukan perawatan yang benar. Jangan sampai Anda membeli motor baru atau bekas yang masih bagus, tetapi memiliki umur pendek karena kesalahan perawatan. Yuk, simak 5 cara merawat motor Harley Davidson yang baik berikut ini!

1. Rajin mengecek kondisi ban dan rantai kendaraan

Digunakan atau tidak, pastikan Anda selalu rajin mengecek kondisi tekanan ban dan rantai motor tetap stabil alias tidak terlalu kendor atau terlalu tegang. Apalagi Anda yang berencana touring bersama teman-teman di klub moge, sebaiknya pastikan tekanan ban bagian depan 31 psi dan bagian belakang 34 psi.

2. Sistem memanaskan motor

Motor Harley harus Anda bawa jalan dalam memanaskan mesin motor agar sistem jalur oli bekerja dengan baik. Setiap 2-3 hari sekali, Anda bisa mengendarai moge keliling jalanan dengan teknik yang ringan saja alias tidak berkendara menarik gas yang berlebihan.

3. Menggunakan bahan bakar terbaik

Tips merawat Harley Davidson tidak boleh main-main dalam memilih bahan bakar yang digunakan. Pastikan Anda menggunakan BBM yang berkualitas super atau bensin oktan 95 ke atas.

4. Melakukan perawatan busi dan oli

Agar motor Harley panjang umur, pastikan Anda melakukan perawatan busi dan rutin mengganti oli setiap dua bulan sekali. Meskipun motor bukan kendaraan harian atau digunakan touring saja, tetap pastikan oli tidak mengendap dan berdampak buruk pada kinerja mesin motor.

5. Menjaga sistem kelistrikan kendaraan

Jika Anda membeli moge Harley Davidson terbaru, maka tidak asing dengan sistem komputerisasi. Jangan lupa mengecek bagian aki agar sistem kelistrikan bisa berjalan lancar saat perjalanan jarak jauh.

Jika hujan melanda, sebaiknya Anda memastikan moge tidak terkena tetesan air hujan yang bisa merusak komponen kendaraan. Bisa jadi kerusakan komponen kendaraan akan membuat Anda perlu biaya perbaikan lebih besar, ya!

Selain beberapa cara merawat kendaraan secara mandiri atau service motor terpercaya, sebaiknya Anda juga mengetahui tips menjaga performa motor tetap optimal dengan mengetahui cara berkendara yang benar. Motor Harley membutuhkan cara berkendara yang tidak boleh serampangan atau Anda tidak boleh menggeber gas berlebihan. Memperlakukan si moge favorit ini harus dilakukan secara lemah lembut dan pelan-pelan saat memainkan gas, ya!

Meski dikenal sebagai motor touring segala medan pun, motor gede Harley Davidson tidak boleh terlalu sering diajak bepergian jarak jauh. Sesekali istirahatkan kendaraan Anda di rumah asal tetap melakukan pemanasan mesin dan pengecekan komponen secara rutin, ya! Perawatan yang tidak mudah membuat pencinta moge perlu perhatian dan kesabaran agar memiliki kendaraan yang berumur panjang.

Nah, apakah Anda berencana membeli motor Harley Davidson dalam waktu dekat? Jika dana Anda terbatas, maka pertimbangkan membeli motor gede asal Amerika Serikat bekas saja. Harga moge Harley Davidson bekas yang berkualitas masih berada di level ratusan juta rupiah. Kalau Anda punya dana lebih dan suka tantangan menggunakan kendaraan besar, kenapa tidak? Touring ke berbagai daerah di Indonesia yang seru dan menantang bersama teman-teman komunitas moge, sah-sah saja.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *